-->



Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page



SUMATERA UTARA, WARTAONE.CO.ID - Partai Golkar sudah dapat dipastikan sebagai pemenang di Dapil Sumatera Utara (Sumut) 2 dengan mengirimkan 3 calon legislatifnya ke Senayan.


Selain Lamhot Sinaga yang merupakan petahana, partai pohon beringin juga diprediksi berhasil mengirim dua wajah baru yakni Andar Amin Harahap merupakan mantan Bupati Padang Lawas Utara dan Trinovi Khairani.





Diketahui Dapil Sumut 2 meliputi Kabupaten Labuhanbatu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Toba, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Sibolga. Kemudian Kabupaten Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Sidempuan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, Gunungsitoli, Nias, Nias Utara, Nias Selatan dan Nias Barat.



10 Caleg DPR RI terpilih dari Dapil Sumut 2 yang diprediksi akan melenggang ke Senayan, Dapil Sumut 2 mencakup sebanyak 19 kabupaten/kota memiliki jatah sebanyak 10 kuota kursi di DPR RI. Namun dalam pesta demokrasi, diprediksi 4 wajah baru yang akan mengisi kursi di Senayan.


Data yang diperoleh para Awak Media, Senin (4/3) berdasarkan 98 persen data hasil rekapitulasi kecamatan yang telah masuk yakni Partai Golkar memperoleh 705.215 suara, selanjutnya di posisi ke dua dan ke tiga diisi oleh PDIP dengan perolehan 364.061 suara dan NasDem 318.796 suara. Partai Gerindra memperoleh 285.083 suara dan Demokrat 233.235 suara.


Sementara PKB dan PAN bersaing ketat dengan perolehan suara tipis. PKB memperoleh 140.912 suara, PAN mendapatkan 138.726 suara. Pemilu kali ini PKS diprediksi kehilangan perwakilannya di Sumut 2 karena memperoleh sebanyak 93.556 suara.



Kemudian PDI Perjuangan bertahan dengan mengirim dua Caleg ke Senayan. Trimedya Panjaitan politisi senior sudah 4 periode duduk menjadi anggota DPR RI dari Dapil 2 tampak tertinggal jauh dari koleganya Rapidin Simbolon Mantan Bupati Samosir, untuk kursi ke dua PDI Perjuangan akan diisi oleh Sihar P. Sitorus (petahana).



Suara NasDem pada Pemilu 2019 lalu memperoleh dua kursi, kali ini hanya diisi oleh Martin Manurung yang merupakan petahana. Gerindra, PAN dan PKB bertahan dengan tetap mengirim satu perwakilannya yang juga petahana.


Petahana Gerindra, PAN dan PKB yaitu Gus Irawan Pasaribu, Saleh Partaonan Daulay dan Marwan Dasopang. Demokrat juga mengirim satu perwakilan yakni dari kandidat Nomor Urut 1, Ilham Mendrofa yang berhasil menyingkirkan petahana Ongku P. Hasibuan.


Tapi perebutan kursi di Partai berlambang Mercy masih ketat antara Ilham Mendrofa dengan Sabam Sinaga.


Daftar 10 nama Caleg DPR RI Dapil Sumut 2 yang dapat dipastikan duduk berdasarkan jumlah suara dan pembagian kursi dengan sistem Sainte Lague:


Lamhot Sinaga (Golkar)

Drs. Rapidin Simbolon, MM (PDI Perjuangan)

Martin Manurung, SE, MA (NasDem)

H. Gus Irawan Pasaribu SE, AK, MM, CA (Gerindra)

Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si (Golkar)

Sabam Sinaga/Ilham Mendrofa (Demokrat)

Trinovi Khairani, BA (Golkar)

H. Marwan Dasopang, M.Si (PKB)

Dr. Saleh Partaonan Daulay, M.Ag, M.Hum, M.A (PAN)

Sihar P.H. Sitorus (PDI Perjuangan)



Empat wajah baru yakni Drs. Rapidin Simbolon, MM (PDI Perjuangan), Andar Amin Harahap, S.STP, M.Si (Golkar), Ilham Mendrofa/Sabam Sinaga (Demokrat) dan Trinovi Khairani, BA (Golkar).


(Red***)


Sumber : WspdOl

Leave A Reply