Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


JAKARTA, WARTAONE.CO.ID - Rony Samtana resmi menyandang pangkat bintang satu atau Brigadir Jendral setelah menjalani prosesi pelaksanaan Korps Raport atau kenaikan pangkat yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo.



Kegiatan pelaksanaan Korps Raport ini dilakukan di Rupatama Mabes Polri dan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo. Di mana dalam kegiatan tersebut Rony Samtana lulusan Akpol 1996 ini satu  dari 45 orang yang dinaikkan pangkat satu tingkat lebih tinggi oleh Kapolri.


Alhasil, Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol) Rony Samtana sudah berganti pangkat dipundaknya. Brigjen Pol Rony Samtana pun sudah siap untuk melaksanakan tugasnya sebagai Wakapolda Sumut setelah keluar telegram Kapolri Nomor ST/2750?XII/KEP.?2023 per tanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Dedi Prasetyo.


Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan perwira tinggi (Pati) Polri yang melaksanakan Korps Raport sebanyak 45 orang.


"Total ada 45 perwira tinggi Polri yang menjalani Korps Raport atau kenaikan pangkat berdasarkan surat telegram Nomor ST/2749/XII/KEP/2023 dan ST/2750/XII/KEP/2023 tertanggal 7 Desember 2023," kata Sandi dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/12/2023).


Brigjen Pol Rony Samtana Siap Laksanakan Tugas


Maka dari itu, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana siap melaksanakan tugas untuk mendampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dalam membuat kamtibmas di Sumut menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.


“Saya akan melaksanakan tugas sesuai tupoksi saya untuk membantu bapak Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dalam menjadikan kamtibmas di Sumut menjadi lebih baik lagi,” akunya.


Brigjen Pol Rony Samtana juga mengucap terimakasih kepada para pimpinan Polri yang sudah memberikan kepercayaan kepada dirinya menjabat sebagai Wakapolda Sumut dan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) menjadi Brigadir Jendral Polisi (Brigjen Pol).


“Ini bukan tugas yang gampang, namun harus tetap kita laksanakan untuk membantu bapak Kapolda Sumut dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan di Polda Sumut,” ujarnya.


Profil Brigjen Pol Rony Samtana


Brigjen Pol Rony Samtana sendiri bukan sosok baru di Provinsi Sumut. Sebab, lulusan akademi polisi (Akpol) 1996 itu memang cukup lama berkarir di Polda Sumut. Jabatan penting pun, pernah ia duduki seperti Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), Wadir Krimsus sampai Dir Krimsus Polda Sumut.


Selain di Polda Sumut, Brigjen Pol Rony Samtana pernah juga menjadi penyidik KPK dan cukup lama menjabat di posisi tersebut. Brigjen Pol Rony Samtana juga pernah menjadi Kasubbagprodi S3 Jemenkamtekpol Ditporg Sarjana STIK Lemdikpol.


Brigjen Pol Rony Samtana ditunjuk menjadi Kapolres Tapsel pada tahun 2015 menggantikan AKBP Parluatan Siregar yang dimutasi menjadi Wadir Binmas Polda Sumut. Kemudian, tahun 2017 Rony Samtana dipercaya untuk menduduki jabatan Wadir Krimsus Polda Sumut.


Karir nya pun terus moncer karena tahun 2018, Rony Samtana diangkat menjadi Dir Krimsus Polda Sumut. Setelah hampir dua tahun menjadi Dir Krimsus, Rony Samtana dimutasi menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri dalam rangka Dikreg XLVIII Seskko TNI Tahun Ajaran 2021 pada tahun 2020 silam.


Selanjutnya, Rony Samtana dipercaya menjadi Kasubdit V Dittipidter Bareskrim Polri. Posisi Rony Samtana juga kembali dirotasi karena pada Oktober 2023, Jendral Listyo Sigit Prabowo menunjuk Rony Samtana untuk menduduki posisi Wadir Tipidter Bareskrim Polri. Belum lama menjabat Wadir TIpidter Bareskrim Polri, Rony Samtana diangkat menjadi Wakapolda Sumut menggantikan Brigjen Pol Jawari.


Sukseskan Program Kapolda Sumut


Brigjen Pol Rony Samtana setelah dinobatkan menjadi Wakapolda Sumut akan melakukan tugasnya dengan semaksimal mungkin. 


“Meskipun saya sudah pernah menjabat di sini, tapi tetap saya akan melakukan hal yang terbaik agar program dari Pak Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi berjalan lancar dan kamtibmas di Sumut aman dan nyaman,” katanya kepada www.nusantaraterkini.co, Kamis (21/12/2023).


Selain itu, pria dengan bintang satu dipundaknya ini mengaku jabatan yang ia emban merupakan perintah pimpinan yang harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Sehingga, aku Brigjen Pol Rony Samtana, Polda Sumut di bawah kepemimpinan Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Apalagi, katanya, dalam waktu dekat seluruh jajaran Polda Sumut akan melakukan pengamanan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 dan pelaksanaan Pemilu 2024. “Maka dari itu, kita akan membantu semua program Pak Kapolda Sumut demi menjaga Kamtibmas yang lebih baik lagi,” katanya.


Begitupun, katanya, ia sangat berharap dengan kawan-kawan wartawan untuk tetap memberi masukan yang baik dan membangun terhadap Polda Sumut.


“Mohon doa dari kawan-kawan wartawan,” pungkasnya. (Red/Rel)

Leave A Reply