Widodo Kepala Kampung Sendang Mulyo Diduga Korupsi

WartaOne, Lamteng- Ratusan masyarakat Kampung Sendangmulyo, Kecamatan Sendangagung, Lampung Tengah, melakukan aksi damai di Kejaksaan Negeri Gunungsugih, Senin, 23/5/2016. Para pendemo menyampaikan dugaan korupsi kepala kampung setempat dalam beberapa kegiatan anggaran tahun 2015.

Dalam orasinya, Munir, wakil pendemo, mengatakan, masyarakat meminta Kejari Gunungsugih menangkap pelaku korupsi di desa setempat “Kami melakukan aksi damai. Kami minta kepada Ibu Kajari menangkap pelaku korupsi,”tandas Munir.

Menurut Munir perwakilan warga, kepala kampung sendang mulyo Widodo diduga melakukan penyelewengan dana alokasi desa tahun 2015 sebesar kurang lebih Rp111 juta dari alokasi sebesar Rp300 juta.

Selain itu menurut Munir, Widodo juga diduga merugikan negara melalui pembuatan saluran drainase, tahap 1 sebesar Rp62 juta, di dusun 2 dan 4 Kampung Sendang Mulyo. Kemudian dari pembuatan drainase tahap dua, Kakam Sendang Mulyo juga diduga merugikan negara sebesar Rp20 juta.

“Kepala kampung Sendang Mulyo juga disinyalir melakukan kegiatan fiktif karang taruna sebesar Rp 5 juta. Pembinaan keagamaan dan santunan anak yatim Rp8,5 juta lalu tunjangan BPK dan RT Rp 10 juta,” jelas Munir.

Kajari Gunung Sugih Nina Kartini setelah menerima laporan masyarakat Sendang Mulyo mengatakan, dirinya sudah mengeluarkan seprindik pemeriksaan, lalu memerintahkan Kasi Intel dan Kasi Pidsus untuk menindak lanjuti laporan dari masyarakat.

“Kami akan mengumpulkan saksi di lapangan, dan melakukan pemeriksaan. Setelah empat belas hari kami akan melakukan pemanggilan kepada kepala kampung yang bersangkutan,”ujar kajari.

Di keluarkannya sperindik pemeriksaan terhadap kakam sendang mulyo Widodo, setelah Warga Sendang Mulyo, Lampung Tengah, mendatangi Kantor Kejaksaan Negeri Gunung Sugih, Senin, 23/5/2016, untuk melaporkan terkait dugaan penyelewengan dana alokasi desa.

Ditempat terpisah Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto mendukung langkah yang dilakukan oleh warga Sendang Mulyo yang melaporkan kepala kampung (kakam) setempat Widodo terkait dugaan korupsi dana alokasi desa, kepada Kejaksaan Negeri Gunung Sugih “Saya akan mengawal proses hukum terkait permasalahan ini,” ujar Adik Kandung HM Prasetyo, Senin, 23/5/2016.

Loekman menambahkan “Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah tidak akan melakukan intervensi terkait permasalahan ini. Kita tunggu prosesnya dari Kejaksaan. Kalau ini memang benar-benar terbukti, maka saya pastikan yang bersangkutan bakal dihukum,”Tegas Loekman.

Pihaknya menambahkan, bahwa dalam permasalahan ini juga harus menghargai azas praduga tak bersalah, sebelum ada ketetapan hukum yang benar. Namun Wakil Bupati Lampung Tengah ini meyakini bahwa Kejaksaan Negeri akan bekerja sesuai dengan aturan dan juklak dan juknis yang berlaku.

“Warga Kampung Sendang Mulyo tidak perlu khawatir, karena saya memastikan bahwa akan bekerja sesuai dengan aturan dan tidak akan ada pilih kasih jadi untuk para warga yakinlah proses ini akan berjalan dengan benar” tandasnya. (S ramadhan BT/Dailami/rmp-red).

Subscribe

Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, hanya di WartaOne.co.id

No Responses

Comments are closed.