Urutan Jenjang Kepangkatan Kepolisian Republik Indonesia

WartaOne, Jakarta- Hampir di setiap sudut kota ini banyak ditemui personel kepolisian yang tengah menjalankan tugas. Namun, masyarakat mungkin tidak banyak yang tahu urutan kepangkatan di institusi yang saat ini dikepalai oleh Jenderal Pol. Badrodin Haiti.

Untuk diketahui bahwa kepangkatan polisi terbagi dalam dua golongan yaitu bintara, dan perwira. Dilansir dari NTMC Koorlantas Polri berikut pembagian, bentuk dan ciri-ciri pangkat di kepolisian.

Ciri khas pangkat golongan Bintara, lambangnya berwarna perak/putih, sedangkan perwira warna lambangnya berwarna kuning. Untuk Bintara dikelompokkan menjadi bripda, briptu, brigadir, bripka. Golongan ini memliki pangkat dengan simbol V. Selanjutnya bintara tinggi yakni, aipda, aiptu dengan simbol bentuk W.

Di atas bintara, terdapat perwira pertama (pama) yakni, ipda, iptu, akp dengan symbol balok/strip Tebal .

Kemudian ada perwira menengah (pamen) yakni, komisaris polisi, AKBP, komisaris besar dengan simbol bunga melati. Diatas pamen, ada perwira tinggi (pati) yakni, brigadir jenderal, inspektur jenderal, komisaris jenderal dan jenderal. Untuk golongan pati ini pangkatnya memiliki simbol bintang.

Perbedaan utama antara  golongan bintara dengan  perwira adalah pada tugasnya. Bintara itu adalah pelaksana utama di lapangan, sedangkan perwira  lebih bersifat  managerial/manajer/pengatur.

Subscribe

Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, hanya di WartaOne.co.id

No Responses

Comments are closed.