Terkait Pembebasan Lahan Warga Masyarakat Dipulau Morotai, PT. Jababeka Bakal Dipolisikan

Muhammad Syukur Mandar : Dugaan Kuat Ada Oknum – Oknum Yang Bermain Dibalik Penjualan Tanah

WartaOne, Jakarta- PT. Jababeka adalah salah satu perusahaan property terbesar di indonesia, melakukan ekspansi ke Kabupaten Pulau Morotai Provinsi Maluku Utara. Hal ini diduga sebagai respon atas penetapan Pulau Morotai sebagai salah satu zona Kawasan Ekonomi Khusus oleh Pemerintah Pusat.

Terkait hal dimaksud, PT. Jababeka melakukan pembebasan lahan warga masyarakat dipulau morotai, yang masuk dalam wilayah Kawasan Ekonomi Khusus.

Menurut Muhammad Syukur Mandar, SH MH selaku kuasa hukum warga pemilik lahan pulau morotai lewat pres relisnya bahwa “Pembebasan lahan tersebut terbilang sangat besar karena ratusan bahkan ribuan hektar lahan warga yang masuk dalam kawasan ekonomi khusus tersebut adalah areal lahan perkebunan produktif warga masyarakat yang digunakan sebagai lahan kebun”

Lebih lanjut “Sangat disayangkan, proses pembebasan dan pembelian lahan oleh jababeka karena bertentangan dengan ketentuan pembebasan lahan dan harga jual dibeli dibawah jauh dari harga yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai sesuai Keputusan Bupati tentang Harga Tanah”

“Saya ikhlas membantu mereka memperjuangkan hak-hak warga, ini adalah ancaman atas masa depan warga yang memiliki lahan, pertama; pembelian tidak sesuai prosedur, kedua; harga jual lahan yang ingin dikonversi menjadi areal industri itu jauh dan tidak sepantasnya, ketiga; jika warga kehilangan haknya, bagaimana penghidupan mereka sehari-hari”

“Karena itu saya minta warga untuk kembali mematok hak-haknya dan jangan biarkan hak-haknya dirampas secara sepihak dengan cara-cara yang kotor”

“Saat ini saya sedang somasi PT. Jababeka, jika tidak melakukan kordinasi dan membetulkan serta membayar sesuai standar harga hak-hak rakyat. Jika tidak, jalur hukum akan ditempuh karena diduga kuat ada oknum-oknum atas nama jababeka yang bermain dibalik penjulan tanah ini,”Tegas Muhammad Syukur Mandar.

Saat dikonfirmasi bapak Syahrin Hamid Direktur PT. Jababeka Pulau Morotai menjelaskan “Kehadiran PT. Jababeka di Kabupaten Pulau Morotai akan mengurangi pengangguran dan mendorong kraetivitas warga pemilik lahan, salah satu langkah yang akan diambil PT. Jababeka adalah membentuk kelompok koperasi warga pemilik lahan”. (hls/rmp-red)

Subscribe

Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, hanya di WartaOne.co.id

No Responses

Comments are closed.