Satgas KPNGA UNIFIL Peringati Hari Kemerdekaan RI Ke-71 di Libanon

WartaOne, Jakarta- Dalam rangka memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-71 tahun 2016, Personil Satgas TNI Konga Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon) menggelar Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih, yang dipimpin langsung oleh Dubes RI di Lebanon Bapak H.E Achmad Chozin Chumaidy bertempat di Markas Indobatt UN Posn 7-1, Adchid Al Qusayr, Lebanon Selatan, Rabu (17/8/2016).

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dari penyambutan oleh Bapak Dubes dari penjagaan depan dan menerima laporan hormat jajarannya layaknya para petinggi militer, kemudian dikawal dengan menaiki salah satu kendaraan tempur yang dimiliki Indonesia yang disambut dengan Drum Band Senada Tengkorak serta pagar betis para prajurit Satgas TNI Konga.

Selepas istirahat sejenak, Dubes RI menuju ke Lapangan Soekarno untuk memimpin langsung upacara yang diisi dengan pembacaan Proklamasi Kemerdekaan, dilanjutkan dengan pengibaran Bendera Merah Putih, pembacaan Undang-Undang Dasar 1945 dan ditutup dengan doa sebagai rasa syukur, dimana  kegiatan upacara dapat berlangsung dengan lancar dan hikmat.

Disela-sela  upacara tersebut, Dubes RI di Lebanon menyampaikan amanatnya kepada personil Indobatt agar menjadikan momen upacara kemerdekaan Republik Indonesia ini untuk merekatkan rasa persatuan dan kesatuan serta mendukung suksesnya pelaksanaan tugas misi perdamaian UNIFIL di Lebanon.

Kegiatan upacara ini diikuti oleh 6 (enam) kontingen Satgas yang tergabung dalam Kontingen Garuda dan masyarakat Indonesia yang berada di Lebanon, serta dihadiri oleh perwakilan kontingen negara lain dan masyarakat sekitar.

Dalam rangkaian upacara pemberian Piagam Penghargaan kepada prajurit yang berprestasi dan mayarakat Lebanon yang banyak membantu Satgas dalam melaksanakan tugas, penghargaan ini diberikan langsung oleh Dubes RI. Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan berpindah tempat menuju ke Rubhall.

Berpindah tempat ke Rubhall, tidak kalah menariknya dengan berbagai kegiatan seperti penampilan seni dan budaya Indonesia, pemotongan kue ulang tahun dan perlombaan yang sudah pasti ditunggu oleh para prajurit dan masyarakat Indonesia di Lebanon.

Seluruh ciri khas Indonesia ditampilkan, guna menciptakan suasana di medan tugas ini seperti suasana di Indonesia dan untuk lebih memeriahkan Hari Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-71 yang lebih semarak. (Penkostrad/dd/Romi-red)

Subscribe

Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, hanya di WartaOne.co.id

No Responses

Comments are closed.