LSPI: Survei Perilaku Pemilih Pilkada Gubernur DKI Jakarta 2017

Wartaone, Jakarta–Dalam jumpa pers yang diadakan di Hotel Sofyan didaerah Tebet Jakarta selatan 3/6/2016, acara yang diselenggarakan LSPI di hadiri oleh para wartawan juga undangan lainnya.

pimpinan LSPI Zulian Haris menjelaskan secara gamblang mengenai laporan hasil survei berdasarkan hasil survei yang di lakukan Lembaga Survei Politik Indonesia (LSPI) antara lain melalui Popularitas, Elektabilitas, Sebaran dukungan, Isu dan Evaluasi Kebijakan, serta Kriteria Kepemimpinan dan Partai.

Dari 17 nama yang di uji yang memiliki tingkat popularitas tinggi adalah (secara berurutan) : Basuki Tjahya Purnama (95,7%), Ahmad Dhani (91,3%), Yusril Ihza Mahendra (80,5%), Tri Rismaharini (59,3%), dan Abraham Lunggana (56,2%) disusul dengan nama nama lainnya.

“Sedangkan tingkat kesukaan terhadap nama-nama tersebut dari tingkat elektabilitasnya , secara berurutan : Yusril Ihza Mahendra (67,3%), Basuki Tjahya Purnama (65,1%), Tri Rismaharini (61,7%), Ahmad Dhani (43,2%), dan Adhyaksa Dault (34,6%)

“Secara elektabilitas lima nama teratas yang banyak dipilih adalah 1. Berdasarkan Top of Mind: Basuki Tjahya Purnama (23,0%), Yusril Ihza Mahendra (19,0%), Tri Rismaharini (6,9%), Sandiago Uno (6,3%), Djarot Saiful Hidayat (3,7%). Berdasarkan Simulasi 14 nama: Basuki Tjahya Purnama (31,8%),  Yusril Ihza Mahendra (27,2%),  Tri Rismaharini (7,5%), Sandiago Uno (5,7%)  dan Sjafrie Sjamsoeddin (2,2%).” Jelasnya

Pilihan politik pemilih sangat dipengaruhi oleh isu sosial politik, ekonomi dan hukum seperti isu korupsi dan pembelian lahan RS. Sumberwaras, Reklamasi teluk jakarta dan isu penggusuran pemukiman warga.

Selain itu yang ikut mempengaruhi pilihan politik pemilih adalah kualitas figur kandidat dimana pemilih menetapkan kriteria kepemimpinan ideal yang dikehendaki secara berurutan: Amanah, Bebas Korupsi, Tegas ,Merakyat, Adil dan Berwibawa.

Secara umum masyarakat yang puas ataupun sangat puas terhadap kinerja incumbent sebanyak 40,9% sebaliknya yang kurang atau tidak puas 31,6%. Sementara yang menilai biasa saja 24,6% Artinya angka kepuasan dibawah toleransi kurang dari <50%.

Publik jakarta merasa puas dengan kinerja pemerintah propinsi DKI jakarta dibawah Gubernur Basuki Tjahya Purnama di bidang Penataan Birokrasi, Kesehatan dan Pendidikan. Sementara itu, publik merasa tidak puas atau kurang puas dengan kinerja dalam hal mengatasi kemacetan, ancaman banjir, perekonomian, Penataan Pemukiman dan Penangan Sampah.

Masalah utama yang paling mendesak warga jakarta untuk diatasi adalah kemacetan, ancaman banjir, tingginya harga kebutuhan bahan pokok, pengangguran, korupsi, mahalnya obat obatan/ kesehatan, mahalnya biaya-biaya pendidikan dan transportasi.

“Mayoritas publik jakarta juga menilai tidak percaya dengan pemerintah DKI jakarta saat ini bersih atau bebas dari praktek korupsi.”jelasnya

Meskipun incumbent memimpin tren dukungan pemilih DKI jakarta, seperti data penjelasan yang ada, namun peluang untuk memenangkan pilkada DKI jakarta masih terbuka lebar hal ini menurut hasil survei.

Menurut pernyataan Zulian “adanya pilihan penantang yang dianggap pemilihan sangat potensial untuk melawan incumbent jika dua nama Basuki Tjahya purnama 42,8%, Yusril Ihza Mahendra 36,9%, dan kepuasan masyarakat terhadap incumbent dianggap tidak begitu cemerlang, dibawah batas toleransi yang mengaku puas dan sangat puas hanya 40,9%, beberapa isu yang berkembang selama ini memiliki pengaruh negatif  terhadap incumbent lebih dari 50% untuk kasus RS Sumber Waras dan kasus Reklamasi Teluk Jakarta,”tambahnya.

masih banyak pemilih yang belum menentukan pilihan jika simulasi 6 nama ada sekitar 20,5 % waktu yang masih panjang untuk bekerja mempengaruhi pilihan politik masyarakat dengan segala kemungkinannya 8 – 9 bulan dan hasil survei ini masih terus dilakukan hingga 2017.

Data hasil survey ini berdasarkan data yang akurat tanpa adanya rekayasa menurut Ketua LSPI, Zulian Haris “dana yang dipergunakan-pun dana pribadi LSPI tanpa ada campur tangan dari pihak manapun,”tutupnya.

[dd/akbar/rmp-red]

Subscribe

Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, hanya di WartaOne.co.id

No Responses

Comments are closed.