Efek Menakjubkan Musik Pada Otak

WartaOne – Kabar baik bagi Anda yang hobi mendengarkan musik. Musik ternyata tak hanya mempengaruhi perasaan dan bisa digunakan sebagai hiburan semata. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa musik bisa bermanfaat untuk otak dengan cara meningkatkan aliran darah ke otak bagian kiri.

Peningkatan aliran darah ini telah terlihat, bahkan ketika seseorang hanya mendengarkan musik selama setengah jam, ungkap penelitian tersebut. Bagian otak yang memproses musik dan bahasa diketahui hampir sama. Penelitian sebelumnya juga mengungkap bahwa mendengarkan musik bisa meningkatkan kemampuan otak bagian kiri.

“Sangat menarik untuk menemukan bahwa mendengarkan musik selam setengah jam saja bisa memberikan efek yang sangat positif pada otak,” ungkap Amy Spray, peneliti dari University of Liverpool, seperti dilansir oleh Healthy Living (13/05).

Spray dan koleganya melakukan pengamatan terhadap aktivitas otak pada orang yang mendengarkan musik. Mereka menemukan bahwa aliran darah pada otak berbeda antara orang yang mendengarkan musik dengan orang yang tidak mendengarkan musik. Orang yang mendengarkan musik diketahui memiliki aliran darah dan kinerja otak yang hampir sama dengan musisi.

Hasil ini menunjukkan adanya manfaat dalam kegiatan mendengarkan musik, baik untuk hiburan maupun untuk kinerja dan kesehatan otak. Hasil tersebut dipresentasikan pada konferensi British Psychological Society Annual.

Subscribe

Ikuti informasi penting, menarik dan dekat dengan kita sepanjang hari, hanya di WartaOne.co.id

No Responses

Comments are closed.